Tips Custom Gitar

pic taken from [here]

Hallo man-teman!!!! ^^
Kali ini gue mau bahas mengenai custom gitar.......

Custom gitar itu apa sih?
Custom gitar itu kita mesen gitar dengan bentuk dan spesifikasi gitar yang kita mau sama luthier (pembuat gitar) nya langsung.

Kenapa lebih milih buat nge-custom gitar?
Gitaris yang punya modal pas-pasan buat beli gitar kayak gue ini pasti bakal lebih milih buat ngecustom gitar ketimbang beli gitar pabrikan. Yang pertama kaqrna harganya lebih murah dan yang kedua kita bisa mesen model gitar yang kita mau, gitu juga ama spesifikasinya, suka-suka kita coy mau dipasangin apa aja tuh gitar.
Kendala yang sering ditemuin gitaris pemula kayak gue ini waktu mau ngecustom gitar itu biasanya kepincut ama harganya yang miring dengan model yang kita senengin. Berikut ini ada tips-tips yang bisa dipake sebelum kita ngecustom gitar.

Dapatkan Gitar dengan harga yang sangat murah di sini.

1. Jenis Kayu
Ati-ati ama jenis kayu yang dipake, sebelum mesen pastiin dulu ke luthier-nya jenis kayu apa yang pengen elo pake buat body ataupun neck calon gitar elo. Kalo kurang paham ama jenis-jenis kayu yang bagus elo bisa googling atau langsung minta saran aja ama luthier-nya. Owh iya, jenis kayu itu punya pengaruh ama suara dan juga sustain-nya loh. Nggak cuman itu, kayu juga punya pengaruh ke berat gitar, kalo gitarnya terlalu berat kan elo nya juga yang ntar kasian waktu make tu gitar buat manggung.




2. Teknik Pengukuran
Kalo elo mau mesen gitar tiruan dari versi asli yang elo kagumin kenalin dulu teknik pengukuran yang dipake ama luthier yang bakal ngegarap gitar idaman lo, soalnya banyak banget luthier yang nggak paham ukuran standar gitar versi asli yang pengen lo pesen. Kalo sampe salah ukur ataupun salah komposisi bisa-bisa body ataupun ukuran gitar yang elo pesen bakal mengecewakan. Kalo mau nge-custom gitar mending pilih luthier yang punya peralatan canggih dan juga lengkap yang punya referensi yang bagus.

3. Teknik dan Alat Pewarnaan Gitar Custom
Perhatiin teknik ama alat yang di pake ama si luthier. Liat juga contoh-contoh warna gitar yang udah pernah dia kerjain, finishing bagus atau nggak, cat yang dipake emang pewarna body gitar atau cuma pake pewarna sembarangan. Liatin juga furnish-nya, apakah furnishnya kualitas bagus atau nggak, soalnya kalo furnish-nya jelek biasanya cenderung lengket dan mudah mengelupas. 

4. Pick-Up
Pilih pick-up sesuai kebutuhan bermain elo. Elo juga kudu tau karakter pick-up yang bakal dipasang di gitar elo. Jangan cuma nyuruh si luthier-nya buat nentuin pick-up apa yang bakal dipake soalnya banyak luthier nakal yang bakal ngasih gitar elo pick-up asal-asalan, ntar yang ada malah gitar lo suaranya nggak nyaring atau bahkan nggak peka.


5. Jarak Antar Senar
Perhatiin jarak antar senar, pastiin kalo jaraknya pas ama jari-jari elo. Biasanya gitar yang dibikin ama luthier amatir jarak senar nomor satu ama neck-nya kedeketan. Jadinya, senar gitar loncat ketarik ke pinggiran neck dan membentur kayu. Mestinya kan antara senar nomor satu ama pinggiran neck kudu ada jarak yang cukup, jadinya senar nggak gampang ketarik keluar fret.

6. Gudang atau Tempat Pembuatan Gitar Custom
Jangan pernah sekali-kali percaya ama luthier yang nggak punya gudang atau tempat pembuatan gitar. Kalo elo mau pesan custom secara online pastiin dulu mereka "majang" foto ataupun video dari gitar-gitar yang udah mereka bikin. Lihat juga profil sang luthier di website ataupun blognya. Jangan percaya sama luthier yang cuma ngiklanin gitar custom di situs online. Mendingan elo datenging langsung tuh tempat bikinnya, sekalian sering-sering lo kontrol proses peng-custom-an gitar yang elo pesen.

7. Fret Gitar Custom
Perhatiin bener-bener fret gitarnya, jangan sampe fret gitarnya dipasang terlalu nonjol. Kalo fretnya terlalu nonjol justru bisa bikin jari kita nggak nyaman waktu nekan senar di setiap fretnya. Soalnya jarak fret yang terlalu tebel itu berarti semakin jauh jarak dari senar ke permukaan neck gitar dan semakin berat pula buat nekannya. Jangan ketipu anggapan yang mengatakan kalo gitar baru itu fretnya masih bagus dan tebal, itu sama sekali nggak bener. Coba perhatiin gitar ori-nya Ibanez yang masih baru, fretnya nggak tebel, tipis aja, tapi pas. Jadinya jarak antara senar ama permukaan neck nggak terlalu jauh. Kalo gitar custom kamu pake fret tebel, bisa dipastiin kalo jari-jari elo bakal ngerasa kayak ditusuk jarum pas maininnya. Luthier yang masih amatir biasanya nggak merhatiin hal ini.

8. Neck Lurus
Neck gitar itu kudu lurus, nggak boleh bengkok sedikitpun. Kalo ampe bengkok dikit aja ntar yang ada malah Fretting/Buzzing. Pastiin kalo di gitar custom elo itu ada besi (trus rod) nya di dalemnya, jadi bisa dilurusin lagi pas neck gitar elo bengkok sewaktu-waktu. Biasanya elo perlu kunci L buat ngelurusinnya.

Sekian dulu tips-tips sebelum elo memutuskan buat nge-custom gitar, semoga bermanfaat!!!! ^^
Share:

1 comment:

  1. salam kenal semua...mohon izinkan saya berbagi link untuk yg ingin memperdalam gitar dalam berbagaitehnik secara lengkap dan mengunduh materi buat pemula, blues, jazz dlm bhs Indonesia silahkan klik www.gitarzoom.blogspot.com
    trimakasih

    ReplyDelete