Tips Memilih Gitar Bekas

Mungkin hampir semua gitaris atau orang yang pengen menekuni dunia gitar pasti pengen punya gitar sendiri supaya mereka bisa ngembangin skill mereka secara lebih maksimal. Tapi kayak yang kita tahu, harga gitar elektrik bermerk yang punya spesifikasi mumpuni itu harganya nggak murah bro! Di sisi lain, gitar yang harganya cukup terjangkau kemungkinan punya kualitas suara yang bisa dibilang kurang bagus, jadi boleh jadi kita kurang puas. Salah satu cara buat ngatasin masalah ini yaitu dengan beli gitar yang "bagus" dalam keadaan bekas, sehingga harganya jauh lebih murah dan lebih terjangkau. 

Tapi beli gitar yang "bagus" dalam keadaan bekas bukan berarti tanpa kendala sob, soalnya tuh gitar belum tentu punya kualitas yang baik, itu tergantung gimana sang pemilik lama ngerawatnya. Kita kudu lebih jeli buat milih. Gue ada beberapa tips buat milih gitar bekas, cekidot!!!!

    Dapatkan Gitar dengan harga yang sangat murah di sini.
  1. Cek necknya dulu bro. Liatin tuh, apakah necknya masih tegak lurus atau udah agak melengkung. Pastiin necknya nggak melengkung sob, soalnya kalo udah melengkung berarti kualitasnya udah nggak bagus lagi.

  2. Periksa bagian fretnya sob, liatin tuh udah karatan apa belum. Liat juga apakah fretnya udah banyak berlubang atau belum. Fret itu hal yang sangat vital bro, karena fret sangat berpengaruh pada ketepatan terhadap nada.   
  3. Periksa tunernya (bagian gitar untuk memutar dawai atau string yang berada pada bagian head gitar) apakah masih bagus atau udah karatan. Kalo tunernya udah jelek, maka biasanya senar bakal gampang kendor dan nadanya bakal sering turun sendiri.  
  4. Periksa pick up-nya, cara nyobanya pake effect dan amplifier.Pastiin output suaranya masih tajem sob! Jangan lupa buat ngebandinginnya dengan suara gitar lain dengan setting effect dan amplifier yang sama, terus rasain hasilnya jauh beda atau nggak.  
  5. Yang selanjutnya cek bridgenya sob, terutama yang bisa dipasang stick/handle whammy bar. Lo coba mainin gitar tu gitar pake tremolo, kalo nadanya turun walaupun udah dipasangin locking berarti tuh bridge udah nggak beres keadaannya. Bisa jadi per atau pegas yang ada di bawah gitar yang berfungsi sebagai pengait bridge kondisinya udah nggak bagus lagi, jadi kurang fleksibel.  
  6. Cek bagian potensio-potensionya kayak volume dan tone. Coba nyalain dengan amplifier, kalo potensionya udah kurang bagus kondisinya, maka ketika diputar bakal nimbulin suara sedikit berisik. Nggak cuman itu sob, bakal timbul juga suara ground yang mendengung walaupun senarnya nggak disentuh.   
  7. Pastiin kondisi catnya masih bagus, soalnya cat berpengaruh ama harga gitar, selain itu juga berpengaruh terhadap penampilan.  
  8. Hati-hati, jangan ketipu ama gitar custom yang mirip banget ama gitar asli buatan pabrik. Emang kadang agak susah sih ngebedainnya, tapi terkadang beberapa merk gitar tertentu punya ciri-ciri keaslian kayak adanya serial number, decals, finishing, dan lain-lain.  
  9. Faktor lainnya adalah masalah harga sob. Mending konsultasiin ama orang yang tahu perkembangan harga gitar. Orang-orang yang biasanya tahu sama maalah ini biasanya para pemilik studio musik, so tanyain ama mereka. Kita juga bisa nyari informasi harga gitar bekas di internet, tapi jangan lupa cek tanggal mengenai informasi itu, kalo bisa cari informasi yang terbaru.  

Sekian dulu tips-tips dalam memilih gitar bekas, semoga bermanfaat. ^^

Share:

0 komentar:

Post a Comment