Tips Mempertajam Tone dan Sustain Gitar Berkualitas Rendah


Nggak semua orang bisa beli gitar bermerk yang punya suara yahud karena emang harganya mahal banget. Kualitas gitar juga pengaruh ama penguasaan skill ataupun teknik yang elo kuasain. Cuman, kalo mesti beli gitar berkelas cuma buat nguasain skill ataupun teknik main gitar kesannya bakal mubazir, terlebih bagi yang ekonominya pas-pasan kayak gue. Tapi tenang dulu sob, yang paling penting dalam dunia pergitaran itu adalah gimana elo bisa memaksimalkan permainan elo dari apa yang elo punya sekarang. Yang penting itu skillnya, bukan 'senjatanya' :D
Owh iya, gue ada beberapa tips nih buat mempertajam tone ama sustain gitar yang kualitasnya boleh dibilang rendah kayak punya gue, karena biasanya gitar dengan kualitas yang kurang bagus biasanya tone nya juga kurang tajem. Nggak cuman itu, biasanya sustainnya juga pendek, banget malah. Oke, langsung cekidot aja, ini beberapa tipsnya.

  1. Yang pertama elo liat tuh pick up nya, di bagian atas dan bawah ada satu baut kecil di tengah bawah ama satu baut di tengah atas. Dua baut itu gunanya buat ngatur tinggi-rendahnya posisi pickup terhadap senar. Jadi kalo gitar kamu rasanya kurang tajam suaranya, mending puter dua baut itu pake obeng ampe posisinya naik, jadi lebih deket ama senar. Eiiitttsss.... tapi inget, jangan sampe pick up nya nempel ama senar. Nah, kalo udah digituin kan posisi pick up nya jadi lebih deket ama senar, jadi lebih gampang buat nangkep getaran senar yang dipetik.
  2. Nah, kalo elo suka mainin musik rock, lo pasti demen tuh yang namanya pake distorsi, nah level distorsi lo pasti bakal lebih naik dan lebih tebel dari gitar lain yang punya kualitas bagus. Kalo elo lagi main clean section, elo pake efek chorus dengan setting lebih tebal dibandingin pas elo mainin gitar kualitas bagus.
  3. Yang selanjutnya, kalo elo lagi di studio musik, kalo bisa pilih amplifier yang merknya kayak Peavey, Laney, Trace Elliot, atau Hughes & Kettner. Merk-merk itu punya sustain yang bagus banget buat nutupin kekurangan gitar elo.
  4. Owh iya, di setiap amplifier tuh pasti ada yang namanya knob Gain yang bisa bikin suara gitar lo makin tajem. Cuman yang mesti kudu diinget jangan kegedean Gain-nya, ntar suaranya malah jelek dan bisa ngerusak speaker. Jadi, gunain knob Gain dengan bijak, kira-kira maksimal level pas di tengah aja (jarum jam 12) atau kurang juga bisa, yang ppasti jangan lebih dari itu. Tapi itu juga masih tergantung dari kualitas gitar masing-masing sob.
  5. Tips yang selanjutnya, kalo bisa  elo pake senar ukuran kecil kayak 0,08. Karena kalo senarnya tipis, getaran yang dihasilkan jadi lebih lama, jadinya sustain-nya bisa lebih panjang, suaranya juga jadi lebih tajam. Tapi biasanya senar tipis itu tone-nya kurang, jadi kalo bisa setting equalizer yang ada di amplifiernya low-middle aja.
  6. Kalo bisa pas lagi di studio atau di panggung elo pake stereo amplifier atau dengan kata lain pake 2 amplifier sekaligus. Karena itu bakalan nutupin kekurangan suara gitar elo sob, suara bakal lebih tajem ama karakter juga lebih jelas. Tapi yang kudu diinget, lo kudu tetep nguasain teknik sound yang kayak gini biar tetep balance. 
  7. Atau bisa juga replace pick up wiring ama yang aktif.
  8. Kalo nggak mau ribet ya beli aja gitar yang berkualitas yahud, ya kan? :D
Kayaknya itu dulu deh tip-tips buat najemin tone ama sustain gitar yang kualitasnya rendah, semoga membantu ^^
Share:

0 komentar:

Post a Comment