Tips Agar Bisa Bermain Gitar Secara Cepat (Shredding)

Buat para gitaris ataupun yang lagi belajar main gitar pasti pengen banget bisa main gitar secepat Yngwie Malmsteen, John Petrucci, Joe Satriani, Paul Gilbert, ataupun Steve Vai. Nah, kali ini gue pengen ngebahas tips fingering supaya kita bisa memainkan gitar dalam kecepatan tinggi atau dalam bahasa ndeso-nya disebut 'shredding'.

Hal yang pertama yang mesti dilakukan supaya bisa shredding adalah mengsinkronisasikan pergerakan jari-jari tangan kiri dengan petikan tangan kanan. Untuk itu, kalian bisa melatihnya dengan cara seperti ini.

Dapatkan Gitar dengan harga yang sangat murah di sini.

Kalo bisa lakuin latihan itu setiap hari berulang-ulang dan lebih bagus lagi kalo dibantu pake metronom. Kenapa metronom? Supaya kalian bisa lebih konsisten dalam menjaga tempo permainan. Hal utama yang harus diperhatikan adalah kesabaran dan juga jangan lupa mulailah dari tempo yang lambat dulu, kalo udah lancar baru deh temponya dinaikin. Nggak masalah lambat, asalkan nada yang dihasilkan bersih, ntar lama-kelamaan juga bakal naik sendiri temponya kalo sering-sering dilatih.

Yang selanjutnya adalah fingering untuk memperkuat jari-jari tangan kiri, namanya trill, kurang lebih bisa dilatih pake cara kayak gini secara berulang-ulang.
Nah, yang nomer satu itu mainnya pake jari telunjuk sama kelingking, yang nomer dua maininnya pake jari telunjuk sama jari manis, dan yang terakhir maininnya pake jari telunjuk sama jari tengah. Kalo bisa, masing-masing dari itu kalian lakuin selama 2 menit. Kalo misalnya sakit, terusin aja, namanya juga nguatin jari hahahahaha.

Dan yang selanjutnya, perbanyaklah latihan teknik legato. Seperti apa itu teknik legato? Cari aja di youtube, banyak kok videonya hahahahaha.... Sebenernya masih banyak bentuk-bentuk fingering yang bisa dilakukan buat melatih keakuratan jari supaya bisa shredding, tapi berhubung gue lagi males mikir, jadi postingan ini gue akhiri sampe di sini :D

Sekian dulu postingan gue kali ini, semoga bermanfaat!
Share:

0 komentar:

Post a Comment