Cara Memperbaiki Dispenser Yang Tidak Mau Dingin

Sudah berbulan-bulan dispenser saya bagian kran yang seharusnya mengeluarkan air dingin tidak bisa lagi bekerja seperti seharusnya. Air yang keluar suhunya tidak berbeda dengan saat dispenser tidak dinyalakan. Setelah "berseluncur" kesana-kemari akhirnya saya mendapatkan pencerahan. 

Dari info yang saya dapatkan, salah satu faktor penyebab tidak bekerjanya sistem pendingin air adalah karena kipas pendinginnya mati. Namun, setelah saya bongkar bagian belakang dispenser saya ternyata kipasnya baik-baik saja. Akhirnya saya belum mendapatkan jalan keluar untuk masalah dispenser yang nggak mau dingin.

Suatu hari, saya iseng membongkar bagian dalam komputer. Saat membongkar bagian kipas, heatsink dan processor, akhirnya saya sadar kalau sistem pendingin yang digunakan di komputer dan di dispenser adalah sama. Setelah itu saya kembali "berselancar"di dunia maya. Benar saja, ada salah satu sumber yang menyarankan untuk mengganti peltier untuk mengatasi dispenser yang nggak mau dingin.

Apa itu peltier? Saya juga nggak tau persis. Yang pasti peltier itu sebuah bongkahan keramik kecil yang salah satu sisinya panas dan sisi lainnya dingin. Semakin sisi yang panas diturunkan suhunya, maka akan semakin turun suhu yang ada di sisi yang dingin.

Akhirnya, saya putuskan berburu Peltier di Kota Sampit, dan Alhamdulillah ada yang jual. Di salah satu toko, saya membeli peltier dengan harga 55 ribu. Peltier yang saya beli kapasitasnya 12 volt. Setelah itu saya coba untuk memasang peltier itu di dispenser saya dengan susunan kabel seperti semula. Dengan amat sangat yakin bahwa upaya yang saya lakukan berhasil, saya hidupkan dispenser saya semalam. Alhasil, ternyata dispenser saya tidak juga dingin.

Gambar Peltier 12V

Sampai di sini, saya masih belum menyerah. Dengan segenap hati saya pun menyinggahi satu demi satu forum ataupun blog yang membahas mengenai masalah ini. Ternyata dari sana saya dapatkan info bahwa saya harus memberikan sedikit thermal paste di antara tangki air-peltier-heatsink agar panas dan dingin dapat terserap dengan masksimal.

Setelah itu, saya pun bergegas untuk membeli thermal paste yang harganya 15 ribu. Setelah bagian peltier saya olesi thermal paste, akhirnya dispenser saya pun bisa berfungsi normal kembali layaknya dispenser baru.

Gambar Thermal Paste

Cukup sekian pengalaman yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat.
Share:

19 comments:

  1. ** tangki air-peltier-heatsink **

    Bagian mana aja mas yg di kadih pasta..
    ga ada fotonya ...

    masih bingung yg itu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. diantara tangki air-peltier maupun peltier-heatsink sebaiknya dikasih pasta biar maksimal

      Delete
  2. dispenser ku udah tak ganti peltien dan sudah tak kasih pasta,,tapi kok dinginnya belum bisa maksimal itu kenapa ya..
    mohon bimbingannya..

    terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastikan pengolesan pastanya rata dan pemasangannya tidak renggang

      Delete
    2. gan pembelian pasta nya di mna

      Delete
  3. Mantappp. Tak coba dulu, dispenser ane jg gk dingin..

    ReplyDelete
  4. Beli thermal paste.y beli.y dimna bos

    ReplyDelete
    Replies
    1. di toko yang jual spare part elektronik, atau di toko yang jual spare part komputer juga ada, bisa juga kok pake thermal paste processor komputer

      Delete
  5. pak thermal paste biasanya di jual di toko apa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di toko yang jual spare part elektronik, atau di toko yang jual spare part komputer juga ada, bisa juga kok pake thermal paste processor komputer

      Delete
    2. siap bang... thanks infonya👍👍👍✋✋✋

      Delete
    3. sip, sama-sama & semoga berhasil!

      Delete
  6. lampu control dingin tidak menyala dan dingin caranya gimana

    ReplyDelete