Adobe Audition: Fix The Sample Rate of The Audio Input and Output Devices Do Not Match

Hello.......

Kali ini saya akan berbagi cara mengatasi salah satu error yang kadang terjadi pada Adobe Audition, yakni munculnya tulisan 'Fix The Sample Rate of The Audio Input and Output Devices Do Not Match' pada saat kita akan merekam audio. Bagi yang mengalami permasalahan ini, mari simak tulisan saya. :)




Seperti yang terjadi pada gambar di atas, pesan error tersebut muncul saat saya akan merekam audio di PC saya. Bila ditelaah, pesan error tersebut mengatakan bahwa sample rate antara input dan output audio dari pc kita tidak sama. Bagaimana cara mengatasinya?

Gampang, tinggal kita samain aja sample ratenya. Masih bingung?

Gini caranya:

Klik kanan pada logo speaker di pojok kanan bawah layar (yang deket jam). Kemudian, klik recording devices.

Langkah selanjutnya adalah pilih microphone yang digunakan untuk merekam audio. Karena saya menggunakan mic yang di bagian depan, maka saya pilih frontmic, lalu klik 'properties'.

Setelah masuk ke 'mic properties', pilih tab 'advanced'. Pilih sample rate yang akan kita gunakan. Di sini saya memilih 2 channel, 16 bit, 96000 Hz (Studio Quality). Lalu klik 'OK'.

Lalu kembali ke bagian sound. Pilih tab 'Playback'. Setelah itu klik speaker yang digunakan lalu klik 'Properties'.

Setelah masuk ke bagian 'Speaker Properties', klik tab 'Advanced' lalu pilih sample rate yang akan kita gunakan. Jangan lupa, sample ratenya harus sama dengan yang ada di bagian 'Mic Properties' tadi. Karna tadi saya memilih 2 channel, 16 bit, 96000 Hz (Studio Quality), maka saya memilih sample rate 16 bit, 96000 Hz (Studio Quality) untuk bagian speaker properties ini. Jangan lupa klik 'OK'.

Tadaaaaaaa.........
Pesan errornya udah nggak muncul lagi deh pas kita klik 'Record'.

Semoga bermanfaat, selamat mencoba dan selamat berkarya!
Share:

6 comments:

  1. Oke banget mas ilmunya udh berbagi...tadinya sy kebingungan saat mau record jd error,,,tp skarng sdh berhasil atas tutorial dari mas ini. Mksh bnyk smoga panjng umur mas bnyk rijkinya.aminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaaamiiiiin terima kasih mas. Saya senang ternyata apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat :)

      Delete
  2. maaf gan, saya sdh melakukan hal yg di atas.. tapi masih muncul notifnya.. masih belum bisa merekam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dicek lagi settingannya mas, siapa tau ada yang nggak bener

      Delete