Tips Berkendara Saat Hujan

Setiap hari saya harus berkendara sejauh kurang lebih 30 kilometer dari rumah menuju kantor tempat saya bekerja. Banyak pengalaman di perjalanan yang telah saya alami. Salah satunya adalah pengalaman saya saat berhadapan dengan guyuran air hujan di jalanan. Berikut beberapa tips yang bisa saya sarankan berdasarkan apa yang saya alami selama ini.



1. Jas Hujan
Yang pertama adalah dalam memilih jas hujan. Sebisa mungkin pilihlah jas hujan yang nyaman dan aman digunakan saat berkendara. Ada beberapa jenis jas hujan, mulai dari model ponco sampai yang berbentuk setelan. Dari jenis tersebut, menurut saya pribadi, yang agak kurang aman digunakan adalah yang model ponco.  Kenapa? Karena seringkali ada bagian yang terbang terbawa angin sehingga mengganggu kestabilan kita saat berkendara. Jas hujan model ponco memiliki ukuran yang sangat lebar. Bahkan tidak sedikit pengendara akan mengalami kecelakaan karena terhentinya roda, gear, dan rantai, akibat jas hujan model ponco yang menyelip masuk ke roda motor. Selain itu, jas hujan model ponco juga bisa menutupi pandangan dari pantulan kaca spion sepeda motor kita.

Jas Hujan Model Ponco
pic taken from here


2. Kaca Helm
Dalam memilih kaca helm, gunakanlah kaca helm yang bening. Kenapa yang bening, bukan yang gelap? Karena saat kondisi hujan deras, jarak pandang kita akan berkurang. Jika dengan kaca yang bening saja jarak pandang sudah berkurang apalagi jika menggunakan kaca yang gelap. Benar tidak?

3. Kondisi Ban
Pernah nonton ajang balap motor bergengsi Moto GP? Coba perhatikan saat balapan digelar di lintasan yang basah, pasti hampir semua pembalap akan menggunakan ban yang bercompound soft. Kenapa? Karena jika menggunakan ban yang bercompund hard, daya cengkeram ban tidak akan maksimal. Begitu juga dengan motor kita. Sebisa mungkin jangan memompa ban terlalu kencang saat berkendara di jalanan yang basah karena akan meningkatkan peluang kita untuk tergelincir.

4. Lampu
Penting nggak sih lampu? Penting banget. Emang jarak pandang akan bertambah saat kita menggunakan lampu? Bukan begitu. Lampu berguna untuk memberikan tanda ke sesama pengendara bahwa kita juga sedang melintas di jalan yang sama. Karena jika lampu tidak menyala, bukan tidak mungkin pengendara lain tidak menyadari kehadiran kita di jalanan yang sama dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

5. Kecepatan
Kalo menurut saya ini yang paling penting. Biarpun pake jas hujan yang paling bagus, pake kaca helm yang paling bening, kondisi ban bagus banget, dan lampu yang terang tapi kalo kitanya kebut-kebutan di kondisi jalanan yang masih basah tentu akan sangat beresiko. Melajulah dengan kecepatan sedang, karena jika terlalu cepat dengan jarak pandang yang kurang, kita tidak tau bahaya apa yang akan menanti di hadapan kita, apalagi jika kita berkendara di malam hari. Bisa saja terjadi hal-hal di luar perkiraan kita seperti pohon yang roboh di tengah jalan ataupun kendaraan yang melintas tanpa lampu. Selain itu, jika kita melaju terlalu cepat di jalanan yang licin tentu bisa menyebabkan tergelincir.

Sekian tips yang dapat saya sarankan, semoga bermanfaat dan hati-hati di jalan. Bila ada tips yang belum saya tuliskan silahkan tambahkan di kolom komentar. Terima kasih.


Referensi: http://oto.detik.com/read/2013/05/13/123216/2244063/1208/4-bahaya-memakai-jas-hujan-ponco
Share:

2 comments: