Pesan Hotel Mending di Traveloka atau PegiPegi?

Di era modern seperti saat ini, banyak kemudahan yang didapat dalam hidup kita. Salah satuya adalah saat kita hendak memesan hotel saat bepergian ke luar kota, kita tidak perlu lagi menelpon masing-masing hotel untuk menanyakan ketersediaan kamar berikut harganya. Saat ini telah banyak muncul situs-situs travel agent online yang menyediakan informasi mengenai harga dan ketersediaan kamar berbagai hotel secara realtime, diantaranya adalah Traveloka dan Pegipegi. Dua nama travel agent ini sudah sangat terkenal di negeri ini. Di sini saya menulis bukan karena dibayar oleh salah satu pihak, melainkan saya hanya menyampaikan apa yang saya pikirkan sebagai konsumen.

Agar akurat, kita lakukan simulasi. Anggap saja saya berencana akan pergi ke Palangka Raya dan sudah menentukan di hotel mana saya akan menginap, misalkan saja di Fovere Hotel di tanggal yang sama. Hal yang akan saya bandingkan pertama kali adalah harganya, lebih murah yang mana.


Nah, dari harga tersebut bisa kita lihat kalau tarif di Pegipegi yaitu Rp. 268.595, lebih murah dibandingkan Traveloka yang harganya Rp. 325.000. Selanjutnya, kita pilih kamar dengan fitur yang sama agar adil, yaitu Standard Double Bed Room dengan sarapan.

Nah, bila kita pilih tipe kamar yang sama, maka harga di Pegipegi adalah Rp. 327.556, sedangkan di Traveloka adalah Rp. 408.600, lebih mahal Traveloka dibandingkan Pegipegi. Namun, di situ tertera jika terjadi pembatalan, di Traveloka gratis sebelum tanggal tertentu, sedangkan di Pegipegi dikenakan biaya. Selanjutnya yang kita bandingkan adalah metode pembayaran dan juga jumlah yang harus dibayar.

Dari sisi metode pembayaran, keduanya sama-sama memiliki pilihan yang beragam. Di Pegipegi pembayaran bisa dilakukan via transfer(ke BCA, Mandiri, BNI), virtual account BCA, kartu kredit, ATM transfer, klik BCA, CIMB clicks, dan juga Indomaret. Sedangkan, di Traveloka, pembayaran bisa dilakukan via transfer(ke BCA, Mandiri, BNI, BRI), kartu kredit, ATM, CIMB clicks, Mandiri clickpay, BCA klikpay, Mandiri Debit, Indomaret, dan juga Alfamart.

Yang menarik adalah jumlah yang harus kita bayar. Di Pegipegi, nominal yang sebelumnya Rp. 327.556 berubah menjadi Rp. 408.600 setelah ditambahkan pajak dan biaya pelayanan. Sedangkan, di Traveloka, jumalahnya tetap sama, yaitu Rp. 408.600 karena sudah termasuk pajak dan biaya lain. Dan ternyata biaya tersebut berkurang menjadi Rp. 408.304. Selain itu, di Traveloka tertera gratis biaya pembatalan sebelum 13 April 2017, dimana tanggal cek in adalah tanggal 14 April 2017.

Dari simulasi di atas dapat kita simpulkan bahwa harga yang tertera di Pegipegi belum termasuk pajak dan biaya pelayanan, sedangkan harga yang tertera di Traveloka sudah termasuk pajak dan biaya lain. Kalau kita lihat, sebenarnya harga final dari kedua travel agent itu bisa dibilang kurang lebih sama saja, hanya saja mungkin strategi marketing mereka yang berbeda. Jadi, lebih baik yang mana? Anda lah sebagai konsumen yang menentukan. Yang pasti, dua-duanya adalah travel agent ternama dan terpercaya.
Share:

0 komentar:

Post a Comment