Lulus SMA Kuliah dimana?

http://www.asparkstarts.com/wp-content/uploads/2010/06/myway.jpg
Hari ini, 3 April 2017, Ujian Nasional tingkat SMA mulai dilaksanakan. Sejak beberapa tahun belakangan ini, Ujian Nasional tidak lagi dilakukan dengan menghitamkan lingkaran, namun dilakukan secara komputerisasi atau biasa disebut UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). UNBK mempermudah siswa karena siswa tidak lagi harus membuang waktu untuk menghitamkan lingkaran seperti pada zaman saya masih sekolah dulu. Di sini, yang ingin saya bahas bukan Ujian Nasionalnya, tetapi mau kemana kalian setelah lulus Ujian Nasional.

Ya, banyak diantara anak-anak yang baru lulus SMA bingung mau kemana, entah itu bingung harus melanjutkan kuliah atau bekerja saja, bingung harus menentukan akan kuliah dimana, atau bahkan bingung harus kuliah sambil bekerja dimana. Karena sepengalaman saya, banyak yang menentukan masa depannya hanya karena ikut-ikutan teman supaya dibilang keren atau kuliah sesuai keinginan orang tua hanya untuk membahagiakan orang tua. Wajar sih, usia segitu emang usia dimana lagi rentan-rentannya galau.

Belajar dari pengalaman saya pribadi, bagi kalian yang bingung ingin melanjutkan pendidikan dimana, pilihlah jurusan yang sesuai minat dan bakat kalian. Jangan pilih jurusan hanya karena alasan nama universitasnya terkenal, orang tua nyuruh kuliah di sana, temen-temen banyak yang mau kuliah di sana, apalagi alasannya karena di sana banyak mahasiswa/mahasiswi yang cakep-cakep. Itu salah besar!

Kenapa saya sarankan untuk melanjutkan kuliah sesuai minat dan bakat? Karena itu akan terasa nikmat. Kalo kalian senang dengan apa yng kalian jalani, semua tugas-tugas kuliah yang numpuk tidak akan pernah terasa berat. Semuanya dihadapi dengan enjoy! Bayangin deh, kalo misalkan kalian kuliah di jurusan yang bukan kalian banget, jangankan ngerjain tugas, buat turun kuliah aja udah pasti males duluan.

Mungkin akan ada orang yang bilang kalo gelar yang didapat dari jurusan yang kalian ambil itu bakal susah kalo dipake buat nyari kerja, nggak bisa jadi PNS, dan lain sebagainya. Well, jangan dengerin ocehan-ocehan negatif semacam itu. Kalo nggak bisa dipake buat nyari kerja ya kita pake ilmu yang kita punya itu buat buka lapangan kerja, bahkan bukan cuma untuk diri sendiri, tapi juga buat banyak orang. Emang Bill Gates, Mark Zuckerberg, ataupun Steve Jobs itu bisa sukses menyediakan lapangan kerja bagi banyak orang karena gelar pendidikannya? No! Itu terjadi karena mereka mengerjakan apa yang mereka sukai, yang sesuai minat mereka. As Mr. Steve Jobs said "Love what you do or do what you love."

Well, kalo kalian menekuni apa yang kalian impikan dengan sepenuh hati, percayalah hasilnya akan sama bahkan lebih dari apa yang kalian impikan. Tapi ingat, jangan percaya dengan kata-kata saya 100%, karena apa yang saya sampaikan hanyalah opini pribadi yang bisa saja salah, bisa juga benar. Jadi, apa minat dan bakatmu?
Share:

0 komentar:

Post a Comment