Ngevlog Nggak Harus Mahal


Apa sih ngevlog itu? Vlog itu sebenernya singkatan dari video blog. Jadi ngevlog itu sebenernya ya ngeblog tapi bukan dalam bentuk tulisan, melainkan dalam bentuk video. Sekarang ini ngevlog udah jadi semacam gaya hidup. Dimanapun dan kapanpun selalu bawa kamera buat nangkp momen. Ngevlog ini sebenernya bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi juga bisa kita pakai sebagai mesin waktu.

"Maksudnya?"

Iya, sadar atau nggak, vlog yang kalian buat hari ini akan menjadi sejarah dalam beberapa waktu ke depan. Di masa depan, kalian bisa menyaksikan apa yang kalian lakukan dan bagaimana kalian saat ini. Menurut saya pribadi, ngevlog adalah suatu aktivitas yang sangat bermanfaat. Kita jadi bisa introspeksi diri melalui vlog. Tapi sayangnya, banyak yang nggak pede buat ngevlog karena nggak punya kamera ataupun komputer yang mumpuni. Eiiits, nggak kok, ngevlog nggak harus mahal.

"Masa sih?"

Mari kita ulas, apa aja yang kita perlukan buat ngevlog.

Hal paling dasar yang kita perlukan buat ngevlog adalah alat buat ngerekam video.

"Apa itu? Pake handphone bisa nggak?"

Bisa banget!

"Trus kalo pake kamera?"

Kalo pake kamera ya lebih bagus lagi.

"Emang kalo pake kamera pocket bisa?"

Bisa banget! Gini lho, it's just a tool, the most important thing is 'the man behind the gun'.

"Maksudnya gimana?"

Mau pake handphone, mau pake kamera pocket, mau pake kamera DSLR, mau pake kamera mirrorless, kalo nggak bisa maksimal bikin kontennya ya percuma. Yang paling penting itu orang yang pegang kamera, tergantung gimana caranya orang itu mengolah alat yang ada semaksimal mungkin.

"Tapi kalo pake handphone kan jelek gambarnya?"

Kata siapa??? Handphone yang beredar di pasaran saat ini itu hampir semuanya adalah smartphone yang minimum resolusi perekaman videonya udah High Definition, bahkan ada yang udah 4K. Itu artinya, kualitas perekaman video melalui handphone sudah sangat bagus. Tergantung gimana caranya kita ngerekam pake handphone itu biar gambarnya bagus, nggak goyang-goyang. Kamera DSLR pun kalo yang make nggak bisa ya gambarnya bakal goyang-goyang juga. It's about how you treat your gear. Just remember, smartphone is for smart people.

"Nah, kalo alat buat ngerekam udah punya, trus apa lagi yang kita perlukan?"

Yang kita perlukan selanjutnya adalah tripod ataupun gorillapod, gunanya buat naruh hp/kamera kita di scene-scene yang diperlukan. Jadi, tripod atau gorillapod ini nggak wajib dimiliki, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget. FYI, harga gorillapod berkisar dari belasan ribu sampe puluhan ribu, sedangkan kalo harga tripod berkisar dari puluhan ribu sampai jutaan. Sekali lagi, sesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Selain itu, mungkin beberapa diantara kita akan mengalami kendala noise saat ngerekam di ruang terbuka. Seringkali noise tersebut disebabkan olah angin.

"Bagaimana cara mengatasinya?"

Kita bisa menggunakan headset.

"Trus saya ngeditnya gimana? Saya kan nggak punya PC sangar?"

Be calm down, zaman sekarang, ngedit nggak harus di PC keleus. Banyak kok aplikasi editor video di smartphone mulai dari yang gratis sampai berbayar. Jadi nggak ada alasan nggak bisa ngedit video karena nggak punya PC. Ngedit di hp itu bisa banget, tapi kalo sampe kita punya PC buat ngedit ya Alhamdulillah. :)

Mungkin akan ada banyak alasan bagi kita untuk tidak melakukan sesuatu, tapi kita masih bisa berjuang untuk melawan semua keterbatasan itu. Tapi sekali lagi, jangan percaya kata-kata saya 100% karena apa yang saya sampaikan hanyalah opini pribadi yang bisa saja salah dan bisa juga benar. Happy Vlogging! :)
Share:

3 comments:

  1. Mantaaap.. Bikin artikel senjata vlog dengan low budget donk gan..

    ReplyDelete
  2. Yang penting di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Banyak kok tripod murah di priceza.co.id kan nge-vlog gak harus mahal...yang penting:: kreatif!

    ReplyDelete