Sub4Sub Youtube

Saat ini Youtube tidak hanya menjadi ruang hiburan, tapi juga sebagai ladang penghasilan. Tidak heran, banyak orang yang ingin hidup dari sana. Tak jarang, berbagai cara dilakukan agar bisa sukses di dunia Youtube. Ada yang menjadi reuploader, gamer, sampai ada pula yang melakukan sub4sub. Kali ini saya ingin membahas mengenai sub4sub.

Apa itu SUB4SUB? Di kalangan Youtuber, sub4sub bukan sesuatu yang baru. Sub4sub adalah aktivitas saling subscribe sesama Youtuber agar channel mereka memiliki banyak subscriber. Aktivitas ini biasa dilakukan di grup-grup youtuber yang ada di Facebook. But, in my opinion, aktivitas ini tidak memberikan dampak maksimal seperti yang kita harapkan. Kenapa? Ada beberapa hal.

Yang pertama, dengan "memaksa" orang lain untuk subscribe akun kita, ada kemungkinan suatu hari dia akan melakukan unsubscribe jika konten yang kita upload kurang atau bahkan tidak berkualitas. Faktanya, kita memang tidak bisa memaksakan orang lain untuk menjadi subscriber kita kalau video-video di channel kita tidak sesuai dengan minat mereka. Ironisnya, banyak pelaku sub4sub yang justru nyumpahin orang-orang yang unsubscribe channel mereka. Harusnya tau diri lah, kalo memang konten kita bagus, subscriber kita pasti nggak bakal kepikiran buat ngeklik tombol unsubscribe kok.

Contoh sub4sub yang nyumpahin orang

Yang kedua, seperti pada gambar di atas, dia ngejar subscriber sampe 200 itu buat apa??? Buat apa subscriber banyak tapi kalo diantara mereka nggak ada yang mau nonton video kita? Iya kalo akun yang dipake buat subscribe itu akun aktif masih mending, masih ada kemungkinan video-video kita ditonton. Nah kalo yang dipake mereka buat subscribe itu cuma akun pasif abal-abal khusus buat ikutan sub4sub doang gimana? Udah pasti mereka hanya akan menjadi subscriber pasif kalian dan tidak akan menonton video-video kalian. PERCUMA!

Yang selanjutnya, kita jadi nggak bisa bedain mana yang real subscriber, dan mana subscriber yang "terpaksa". Kita jadi nggak bisa "ngukur" kualitas konten kita apakah sudah bagus sehingga berdampak ke naiknya jumlah viewer dan subscriber atau belum. Percaya deh, kalo subscriber channel kita nambah dengan sendirinya karena karya kita bagus itu lebih membanggakan dibandingkan banyak subscriber tapi hasil sub4sub. Dengan adanya real subscriber, kita jadi semakin termotivasi untuk berkarya karena karya kita diapresiasi.

Nggak ada salahnya kok kalo kita minta orang lain buat subscribe channel kita, yang salah itu kalo kita "maksa". Kalaupun kita meminta orang lain untuk menjadi subscriber kita dan mereka tidak keberatan, kita harus megapresiasi mereka dengan menyajikan konten-konten yang bermutu. Buatlah konten yang sesuai dengaan hobi agar kita tidak pernah merasa apa yang kita lakukan itu adalah sebuah beban dan sia-sia pada akhirnya. Percayalah, royalti akan mengikuti saat kita melakukannya dengan sepenuh hati.

Btw, bila berkenan, silahkan mampir ke channel Youtube saya di sini, terima kasih.
Share:

12 comments:

  1. Gaan alamat youtubeny apa nih ? kita SUB4SUB yook ! wkwk Ga ding ,
    Aku juga dulu beberapa tahun lalu menggunaka prinsip Sub4Sub tapi mkain lama malah cape.
    yaudah aku fokus uploud video saja masalah subscriber biarkan saja,
    eh ga taunya sampe sekarang malah banyak yang subscribe dengan sendirinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget gan, yang penting fokus bikin karya yang bagus aja dulu, ntar viewer sama subscriber pasti nyusul kalo konten kita berkualitas. Btw, isi channelnya tentang apa gan?

      Delete
  2. Menurut saya bagi para pemula tidak Maslah sub4sub
    Yang penting dilakukan dengan cara yang sehat tidak membabi buta .YouTube memberikan batasan maksimal sub ke 75 channel perhari. Kalau itu dilakukan, masih wajar kok efeknya.
    Yang berbahaya itu kalau menggunakan aplikasi atau web fihak ketiga dengan cara membayar orang lain, membeli dan sebagainya ...
    Sekedar pengalaman....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi nantinya akan percuma saat sudah memiliki banyak subscriber dari hasil sub4sub tapi mereka nggak tertarik nonton video kita :)

      Delete
  3. Min mw tnya nih ,,klo kita baru jadi youtuber kisaran 2bulan kan subcribe dan view baru sdikit ,bisa ga lgsung dftar akun adsense ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung daftar sih bisa-bisa aja, tapi baru diapprove saat channel kita sudah memenuhi persyaratannya. Syaratnya apa aja? Minimal punya 1000 subscriber sama total jam tayang video kita udah mencapai 10.000 jam dalam 12 bulan terakhir.

      Delete
  4. Min...
    Apakah berpengaruh terhadap channel kita, apabila kita unsub channel orang...

    ReplyDelete
  5. Mau tanya, pernah melakukan sub for sub dan kemudian memutuskan untuk tidak melakukan sub for sub lagi agar subscriber lebih natural, nah apakah kalau kita pernah sub for sub lalu berhenti dan lebih memilih subscriber alami, ketika sudah sampai batas syarat monetize apakah channel kita tetap bisa diakui oleh youtube dan bisa monetize?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masih bisa, mohon dikoreksi jika salah. Syarat monetize selain harus punya 1000 subscriber juga jam tayang dalam 12 bulan terakhir harus 4000 jam. Jadi kalo misalkan punya 1000 subscriber hasil sub4sub tapi kalo minimal jam tayangnya belum terpenuhi kan juga percuma, belum bisa dimonetize. Logikanya kalo kita sub4sub itu kan orang subscribe channel kita bukan karena ketertarikannya dengan channel kita, jadi kemungkinan video yang kita upload ditonton sama subscriber hasil sub4sub itu tadi kecil. Ujung-ujungnya ya ngaruh ke channel kita yang belum bisa memenuhi syarat minimal buat monetize. Semoga jawaban saya bisa memberikan pencerahan :)

      Delete